Wednesday, September 26, 2018

Berkreativitas Dengan Menggunakan Alat Cuci Mobil dan Motor serta AC


Bagaimana berkreativitas terhadap alat cuci mobil dan botor serta AC

1. Kreaativitas menciptakan Peluang Penghasilan uang

Hari ini Kamis, 28 September 2018 sekitar pukul 10.40 saya melihat dari jendela sebuah alat berwarna biru yang digunakan oleh beberapa karyawan untuk mencuci mobil dan motor di halaman parkir khusus motor. Saya kemudian memutuskan untuk segera mengabadikan alat tersebut dengan kamera Hp merek Xiaomi Redmi Note 5 yang saya pakai. Ketika saya mendekat beberapa karyawan yang sedang mencuci motor, saya melihat ada salah satu staf STT, saya tidak sebutkan namanya. Saya kemudian minta permisi untuk mengambil gambar mesin dengan merek "Anlu". Setelah itu saya sambil berdiri dan bertanya kepada beberapa seorang karyawan yang berada di lokasi, saya sengaja menghampirinya dan menayakan kegunaan alat ini seklai gus bertanya apa nama benda ini. Kemudian saya mendapat jawaban bahwa alat ini multi fungsi. Artinya lebih dari 1 fungsi. Alat ini bisa dipakai untuk membersihkan atau mencuci mobil, motor dan AC. Kalau untuk mobil dan motor saya langsung melihatnya, sedangkan untuk membersihkan AC saya belum melihat. Suatu saat barangkali.


Ngobrol kami berlanjut, keluarlah ide-ide entrepreneur dari bapak-bapak yang bekerja di PT yang bergabung dalam santosa Asih Group. Idenya adalah bisa mengkhususkan sebuah tempat, kemudian menyediakan alat cuci motor seperti "ANLU" dan merek-merek lain dari STEAM JET CLEANER/ALAT CUCI AC,MOBIL, MOTOR. Lalu para mahasiswa dapat mengerjakannya pada waktu mereka tidak kuliah. Tujuannya yakni mahasiswa punya aktivitas yang dapat menolong untuk memberi penghasilan yang menopang aktivitas belajarnya. Ya ide ini bagus tinggal dikonkritkan oleh Sekolah melalui upaya kerjasama dengan penyelenggara dalam memberi sedikit lahan untuk maksud ini. Bila ini terwujud maka paling tidak ada Bengkel CUMO (Cuci Motor)di Kampus STT IKSM Santosa Asih. TUHAN berfirman:"Usahakan dan Pelihara Taman ini." (Kej. 2:15)

Alat untuk mencuci motor yang saya maksudkan seperti berikut:

Foto Ketua STT IKSM Santosa Asih

2. STT Kan belum Punya, Bagaimana Kreativitas Menghasilkan Uang Melalui "Anlu"?

STT IKSM Santosa Asih tidak Punya Anlu secara fisik, cuma memiliki foto alias gambar doang. Bagaimana gambar atau foto menghasilkan uang? Kita akan buktikan bahwa waluapun gambar saja atau tidak punya gambar tetapi pernah melihat dan mau kreatif dalam hal menuliskan maka pasti menghasilkan uang.

Kembali pada peristiwa motivasi saya mengambil gambar di atas, saya mengambil gambar sebagai seorang "Blogger". Aku Ketua, Dosen tetapi juga "Blogger" (Menulis dan memposting di Blog). Sebagai seorang blogger saya sudah tahu secara visioner sponsor yang akan melirik tulisan ini. Para sponsor yang bergerak dalam bidang usaha ini tentu terlalu banyak. Jadi, ada peluang untuk saya menulis tentang alat teknologi pencuci mobil, motor, dan AC.

Pernah ada seorang teman dosen yang berkata kepada saya terapkan dong "Ilmu Enetrepreneur", saya paham maksud teman ini, yaitu saya mendorong atau mewujudkan usaha bisnis seperti masak, jualan kue, atau bidang usaha lain yang memiliki prospek penghasilan. Saya hanya katakan: Entrepreneur tidak hanya bicara bisnis saja tetapi lebih luas dari bisnis. Saya kemudian mengatakan kepada teman dosen bahwa saya sedang mencobanya dalam "Blogger Preneur". Blogger Preneur artinya memanfaatkan blog untuk ragam kreativitas dan inovasi. Inti dari Entrepreneur adalah kreativitas dan inovasi. Untuk itulah saya sedang mempopulerkan kecintaan ngeblog bagi mahasiswa dan rekan-rekan dosen di seluruh Indonesia melalui sejumlah bahan ajar yang saya onlinekan melalui blog. Ada macam-macam bahan ajar yang saya sudah terbitkan secara online melalui Blog Gratis.

Sekarang apa buktinya "gambar doang" itu menghasilkan uang. Gambar doang harus dikemas dalam jiwa "Blogger Profesional" atau "semi Profesional". Saya mungkin di "semi profesional". Saya katakan begitu karena saya tidak menghidupi diri dan keluarga dari pekerjaan sebagai seorang blogger. Namun ada blogger Profesional yang dapat menghasilkan penghasilan fantastis untuk dirinya dan keluarga. Hal ini dapat tercapai karena seluruh waktunya didedikasikan untuk kegiatan Ngeblog.

Kini foto dan ide-ide yang dituangkan sekitar foto dan diposting dapat menghasilkan uang. Namun mudah mencapai maksud ini. Usaha kita tidak cukup sampai di memiliki foto dan menulis tentang foto tersebut. Kita harus berusaha lagi menggunakan produk google yang menghasilkan uang di Indonesia, yaitu "email" dan "Blogspot." Dengan memiliki dua produk ini tidak secara otomatis menghasilan uang, kita harus berusaha menjadi "Publisher", di Google biasanya disebut "Publisher Google Adsense". Bila sudah diterima oleh Google Adsense barulah kita punya peluang menghasilkan uang dari apa yang kita temukan dan ceritakan di blog. Tetapi harus berhubungan dengan tema blog. Lalu apa hubungan judul artikel ini dengan tema blog. Ya artikel ini saya bahas dalam konteks bagaimana mahasiswa menggunakan peluang dengan Alat Pencuci Motor atau Tanpa Alat Pencuci Motor tetapi hanya memiliki foto atau narasi yang berguna tentang alat ini dan diposting dalam blog yang sudah diterima oleh Google Adsense.


Seorang blogger biasanya melihat sesuatu dalam ragam makna, salah satunya peluang ekonomis, yaitu mengubah sesuatu menjadi nilai tambah (penghasilan). Penghasilan itu memang tidak terlalu besar, dari tetesan-tetesan kecil ke tetesan-tetesan bahkan air pancoran atau apapun namanya. Intinya "penghasilan". Biasanya membuat sesuatu menjadi berguna bagi orang lain dan "menghasilkan uang".

Salam

0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

MOHON DUKUNGAN DOA UNTUK ASSESMEN LAPANGAN

TIM BADAN AKREDITASI NASIONAL

PADA TANGGAL 6-8 MARET 2015



Salam Filsafat Yang Berdoa
Yonas Muanley