Sunday, May 6, 2018

Magister Pendidikan Agama Kristen STT IKSM Punya Cerita


Magister Pendidikan Agama Kristen STT IKSM Punya Cerita merupakan kisah dimulainya Program Magister Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Tinggi Teologi IKSM Santosa Asih. Cerita itu memiliki tahapan sebagai berikut:

1. Cerita tentang Pengajuan Izin Penyelenggaraan Prodi Ke Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Departemen Agama RI. Proposal Permohonan Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pascasarjana Pendidikan Agama Kristen STT IKSM Santosa Asih.
Jl. Raya Condet, No. 17 Jakarta Timur.
Adapun isi proposal Izin Penyelenggaraan dimulai dengan:
a. Membuat Surat Permohonan Izin Operasional Program Pascasarjana kepada Direktur Jenderal Bimas Kristen Kementerian.
Agama RI, surat itu kemudian ditandatangani oleh Ketua STT IKSM Santosa Asih.
Dalam Penjaminan Mutu, pemeriksaan dilakukan terhadap item-item sbb:
I. Jati Diri terdiri atas:

1.Kelengkapan Izin Yayasan dan PT dari Pemerintah
2.Surat Rekomendasi atau Dukungan dari Gereja Pendiri atau Pendukung
3.Akte Pendirian Yayasan
4.NPWP Yayasan
5.Alamat Yayasan dan PT yang bersangkutan termasuk telp, fax, email

II VISI MISI TUJUAN SASARAN

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran

1.Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Lembaga (berikan rumusannya)
2.Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi (berikan rumusannya)
3.Aspek yang harus dipenuhi dalam perumusan visi dan misi:
Futuristik, Realistik, Terukur, Ada kekhasan Prodi, Ada kekhasan spiritualitas yang dibangun di Prodi itu
4.Standar keunggulan cita-cita yang terkandung dalam visi, misi, tujuan dan sasaran
5.Visi Misi sebagai acuan perencanaan kerja dan dipahami oleh seluruh staff pengajar (dosen)

III. PROFIL LULUSAN

1.Profil lulusan yang ingin dihasilkan Prodi
2.Spesifikasi kompetensi lulusan di Prodi ini secara jelas
3.Kompetensi lulusan Prodi menjawab kebutuhan masyarakat pengguna
didukung oleh bukti (bila ada)

IV. KEMAHASISWAAN & LULUSAN

1.Proses atau prosedur rekrutmen dan seleksi mahasiswa, didukung oleh aturan yang jelas
2.Layanan terhadap mahasiswa a.l.:
Perwalian, Kesehatan, Beasiswa, Konseling, Didukung oleh aturan-aturan mengenai layanan terhadap mahasiswa (lampirkan aturan yang mendukung)
3.Pelayanan bagi mahasiswa dari daerah tertinggal atau daerah miskin.
4.Penelitian Mahasiswa, apakah ditampung dalam Jurnal, Majalah khusus untuk mahasiswa
5.Lamanya studi di Prodi
6.IPK rata-rata lulusan
7.Penyerapan dunia kerja terhadap lulusan Prodi. Perlu didukung oleh hasil survey
8.Partisipasi lulusan bagi Prodi, didukung bukti
9.Buku Alumni yang mencatat data lulusan dan tempat mereka bekerja
10.Keberlanjutan mahasiswa

V. DOSEN & TENAGA PENDUKUNG

1. Sistem dan strategi rekruitmen, dan seleksi dosen, yang diatur dalam pedoman rekruitmen dan seleksi
2. Kelengkapan administrasi dosen
a. Daftar Dosen Tetap
b. Riwayat Pendidikan Dosen
c. Surat Pernyataan dari dosen sebagai dosen tetap
d. Jika tenaga asing, atau tenaga dari luar PT harus ada MoU antar lembaga
e. Surat Pengangkatan sebagai dosen tetap (Yayasan atau Lembaga)
f. SK yang diberikan pada setiap kegiatan lembaga
3. Apakah semua dosen memiliki kualifikasi satu atau dua tingkat di atas kualifikasi lulusan Prodi
4. Jurnal dosen yang sesuai dengan kekhasan Prodi
5. Berikan juga daftar dan jumlah dosen tidak tetap Prodi dan kelengkapan administrasinya
6. Penempatan semua dosen sesuai dengan keahliannya dan didukung dengan SK pada setiap semester
7. Beban mengajar dosen tetap: 12 sks/smtr. Bila tidak cukup bagaimana disiasati dan bila lebih bagaimana perhitungannya
8. Kesejahteraan dan sangsi (reward and punishment) bagi dosen
9. Jabatan Akademik Dosen
10. Perencanaan pengembangan dosen yang teratur dan tersistem (FDP)
11. Sertifikasi Dosen
12. Rekruitmen dan seleksi pegawai
13. Tingkat dan kesesuaian pendidikan Kepala Perpustakaan

VI. KURIKULUM

Kurikulum:
1.Penjabaran Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran dalam Kurikulum
2.Kurikulum yang dipakai Prodi, apakah sudah mengacu kepada SK Menag. Jumlah sks (S-2: 36 – 50)
3.Matrikulasi bagi mahasiswa yang masuk dari non teologi atau dari prodi yang tidak sebidang 4.Unsur-unsur yang menyusun kurikulum Institusional dari Prodi ini (empat unsure yaitu: Yayasan sebagai stakeholder, Dewan Pengajar, Alumni, dan komunitas profesi)
5.Lamanya kurikulum Prodi ini ditinjau lagi (lima, sepuluh, atau tidak pernah ada perubahan).
6.Spiritualitas lulusan tergambar dari kurikulum ini
VII. MANAJEMEN MUTU AKADEMIK

1.Deskripsi setiap mata kuliah
2.Silabus setiap mata kuliah yang disampaikan pada setiap awal kuliah
3.Evaluasi akademik oleh Prodi serta tindak lanjut. Berikan buktinya
4.Kalender akademik. Berikan buktinya
5.Daftar hadir dosen dan mahasiswa
6.Evaluasi mhs. Terhadap dosen setiap semester dan upaya perbaikan dari Pimpinan Prodi maupun dosen dalam proses
belajar mengajar. Berikan buktinya.
7.Pemberian bobot nilai bagi mhs. Apakah ada syarat seorang dosen memberikan nilai A, B, C, D dan E. Berikan syarat itu.
8.Hand out berupa bahan kuliah atau modul yang dihasilkan oleh dosen. Berikan buktinya

VIII. SUASANA AKADEMIK
Suasana Akademik: 1.Penataan lingkungan Kampus yang mendukung terwujudnya suasana akademik yang kondusif? (nyaman, teduh, sejuk, hijau, dll).
2.Fasilitas yang disediakan oleh Prodi

IX. SARANA & PRASARANA
X. PENDANAAN
XI. PENGELOLAAN PROGRAM
XII. SISTEM INFORMASI
XIII. PENELITIAN, PUBLIKASI & PENGABDIAN MASYARAKAT.

Demikianlah demikian item yang disiapkan dan diperiksa oleh Tim Penjaminan Mutu yang diutus oleh Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI untuk selanjutnya bila layak maka STT yang divitasi mendapat izin penyelenggaraan. Berdasarkan 13 item itu, staf Pascasarjana dalam hal ini Bpk Dr.Hendrick Tambunan, Yonas Muanley, M.Th. bersama SESTI dan Staf terlebih lagi penyelenggara STT mempersiapkan kelengkapan tersebut dan akhirnya STT IKSM SA diberi izin menyelenggarakan Magister Pendidikan Agama Kristen.

Setelah Proposal diajukan, dikunjungi oleh Tim Penjaminan Mutu, lalu hasil visitasi diberi Izin Penyelenggaraan Magister Pendidikan Agama Kristen. Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama R.I.Nomor:DJ.III/Kep/HK.00.5/291/2011. Jl. Raya Condet No. 17 RT 005 RW 003, Kel. Bale Kambang, Kec. Kramat jati, Jakarta timur 13530. Telp: 081311155170 Email : s2iksmsa@gmail.com.
Proses Kuliah. Kuliah Perdana Program Magister Pendidikan Agama Kristen dimulai tahun 2010. Dengan histori Jadwal Kuliah sbb:

Sekolah Tinggi Teologi IKSM Santosa Asih Jakarta
Program Pascasarjana
Program Studi Pendidikan Agama Kristen ( M.Pd.K )
Status : Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama R.I.
Nomor:DJ.III/Kep/HK.00.5/291/2011
Jl. Raya Condet No. 17 RT 005 RW 003, Kel. Bale Kambang, Kec. Kramat jati, Jakarta timur 13530.
Telp: 081311155170 Email : s2iksmsa@gmail.com

JADWAL KULIAH
PROGRAM PASCASARJANA
Agustus – Desember 2010
Hari Tanggal Jam Mata Kuliah SKS Dosen Keterangan

Jumat
27/8 3/9 10/9 17/9 24/9 16.30 -18.30 Manajemen Konflik 3 Abson Kawangung Ruang Kuliah : Ruang C Lantai 2 19.00 – 21.30 Filsafat Ilmu 3 Yonas Muanley

Sabtu
28/8 4/9 11/9 18/9 25/9 09.00-12.00 Filsafat Ilmu 3
YM
13.00-16.00 Manajemen Konflik 3 AK

Jumat
01/10
08/10
15/10
22/10
29/10 16.30 -18.30 Psikologi Terapan 3
Sukoco
Ruang Kuliah : Ruang C Lantai 2

19.00 – 21.00 Sistematik Teologi 3 Nini Adelina Tanamal

Sabtu
02/10
09/10
16/10
23/10
30/10 09.00-12.00 Psikologi Terapan 3 Sukoco
13.00-16.00 Sistematik Teologi 3 Nini A.T

Jumat
05/11
12/11
19/11
26/11
03/12 16.30 -18.30 Pelayanan Anak 3 Ribca Prayitno Ruang Kuliah : Ruang C Lantai 2

19.00 – 21.00
Teologi Biblika
3 M.P.Aritonang

Sabtu
06/11
13/11
20/11
27/11
04/12 16.30 -18.30 Pelayanan Anak 3
Ribca Prajitno

19.00 – 21.00
Teologi Biblika
3 M.P.Aritonang
JUMLAH SKS : 18

Jakarta, Agustus 2010

Hendrick D. Tambunan, D.Th. (cand)
Direktur

Kuliah Tahun 2011

Sekolah Tinggi Teologi IKSM Santosa Asih Jakarta
Program Pascasarjana
Program Studi Pendidikan Agama Kristen ( M.Pd.K )
Status : Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama R.I.
Nomor:DJ.III/Kep/HK.00.5/291/2011
Jl. Raya Condet No. 17 RT 005 RW 003, Kel. Bale Kambang, Kec. Kramat jati, Jakarta timur 13530.
Telp: 081311155170 Email : s2iksmsa@gmail.com

JADWAL KULIAH
PROGRAM PASCASARJANA
11 Februari – 4 Juni 2011

Hari Tanggal Jam Mata Kuliah SKS Dosen Keterangan

Jumat
11/2
12/2 18/2
19/2 25/2 16.30 -18.30 Etika Terapan 3 MPA Ruang Kuliah : Ruang C Lantai 2
19.00 – 21.00 PAK dalam Masyarakat Indonesia 3 Hendrick D. Tambunan

Sabtu
4/3 11/3
12/3
18/3
19/3 09.00-12.00 Etika Terapan
MPA

13.00-16.00 PAK dalam Masy. Majemuk HDT

Jumat
25/3
26/3
1/4
2/4
8/4 16.30 -18.30 Metodologi PAK
3 NAT Ruang Kuliah : Ruang C Lantai 2

19.00 – 21.00 Teologi Agama-agama 3 UN

Sabtu
9/4
15/4
16/4
29/4
30/4 09.00-12.00 Metodologi PAK YM
13.00-16.00 Teologi Agama-agama NAT

Jumat

6/5
7/5
13/5
14/5
20/5 16.30 -18.30 Strategi Pembelajaran dan Kurikulum PAK 3 Dr. Anung Ruang Kuliah : Ruang C Lantai 2

19.00 – 21.00 Evaluasi PAK 3 Ester

Sabtu
21/5
27/5
28/5
3/6
4/6 16.30 -18.30 Strategi Pembelajaran dan Kurikulum PAK

19.00 – 21.00 Evaluasi PAK Ester
JUMLAH SKS : 18
Penyusunan tesis bagi mereka yang memiliki gelar M.A.

Jakarta, Januari 2011
Hendrick D. Tambunan, M.Th., D.Th. (cand.)
Direktur PPs

Histori Mata Kuliah Matrikulasi

Sekolah Tinggi Teologi IKSM Santosa Asih Jakarta
Program Pascasarjana
Program Studi Pendidikan Agama Kristen ( M.Pd.K )
Status : Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama R.I.
Nomor:DJ.III/Kep/HK.00.5/291/2011
Jl. Raya Condet No. 17 RT 005 RW 003, Kel. Bale Kambang, Kec. Kramat jati, Jakarta timur 13530.
Telp: 081286552466 Email : s2iksmsa@gmail.com
______________________________________________________________________________ MATA KULIAH PREREGUISITE (MATRIKULASI)
Bagi calon mahasiswa yang bukan berasal dari program non Pendidikan Agama Kristen diwajibkan mengikuti mata kuliah prerequisite (matrikulasi).
Mata Kuliah Prerequisite terdiri dari beberapa mata kuliah yang berkisar antara 34 – 44 sks. Mata Kuliah Matrikulasi: 1. Pengantar PL 3 sks
2. Pengantar PB 3 sks
3. Bahasa Ibrani 3 sks
4. Bahasa Yunani 3 sks
5. Sejarah Gereja 2 sks
6. Teologi Alkitab (PL dan PB) 3 sks
7. Pengantar Sosiologi Agama 2 sks
8. Hermeneutika 3 sks
9. Teologi Sistematika 6 sks
10. Etika 2 sks
11. Misiologi 2 sks
12. Pendidikan Agama Kristen 2 sks
13. Homiletika 3 sks
14. Konseling Kristen 2 sks
15. Kepemimpinan Kristen 2 sks
16. Pengantar Musik Gereja 2 sks

Jakarta, 10 Oktober 2011

Yonas Muanley, M.Th.
Asisten Direktur Bid. Akademik PPs

0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

MOHON DUKUNGAN DOA UNTUK ASSESMEN LAPANGAN

TIM BADAN AKREDITASI NASIONAL

PADA TANGGAL 6-8 MARET 2015



Salam Filsafat Yang Berdoa
Yonas Muanley