Friday, May 4, 2018

Informasi Umum yang perlu diketahui Komunitas Teologi



Komunitas teologi tidak hanya berurusan dengan soal-soal iman tetapi juga harus mengetahui tentang hal-hal yang bersifat umum. Apa saja informasi umum yang perlu diketahui komunitas teologi Kristen? Ikuti dalam artikel ini.

1. Tenaga Kerja Asing (TKA)


Artikel ini tidak bersifat mengkritis kebijakan tenaga kerja asing tetapi hanya sekadar menyampaikan informasi tentang hal yang lagi tren dalam berita di Indonesia, untuk itu perlu diketahui.
Kita tahu secara bersama bahwa akhir-akhir ini TKA menjadi hal yang ramai diberitakan. Dengan kata lain, Tenaga Asing Menjadi Sorotan. Demikian berita dalam kompas (2 Mei 2018). Tenaga Asing yang dimaksud disini yaitu saudara-saudara sesama anak manusia dari negara-negara lain yang mencari kerja di Indonesia. Di Indonesia, tentu ada pengusaha-pengusaha yang memulai usahanya dalam berbagai bidang. Pengusaha itu bisa dari warga negara Indonesia maupun dari negara lain yang mendirikan usahanya di wilayah Indonesia. Bila yang dari negara lain, tentu mereka akan menggunakan tenaga kerja Indonesia dan tenaga kerja dari negara asalnya. Katakanlah ada dari negara-negara lain yang etos kerja lebih tinggi maka para pengusaha akan menggunakan tenaga kerja seperti itu. Seiiring dengan peluang MEA 2017 maka Indonesia juga terbuka dengan persaingan dalam hal tenaga kerja. Dalam konteks dunia pendidikan, kita belum mendengar bagaimana tenaga kerja dari luar negeri ke Indonesia. Hanya saja untuk tenaga kerja di bidang non Pendidikan, kita mendengar berita, misalnya melalui koran dan televisi tentang tudingan banyaknya tenaga kerja asing di Indonesia. Tentu pemerintah kita memiliki kepastian data tentang tenaga kerja. Namun dalam artikel ini, penulis fokuskan pada dunia pendidikan Kristen. Apakah dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Kristen. Sekolah-sekolah Kristen diserbu oleh tenaga-tenaga pendidikan dari luar negeri, misalnya dari negara-negara Asean. Kita belum punya data. Yang jelas kita harus meningkatkan kualitas layanan kita dalam pendidikan Kristen. Dalam dunia kerja umum, ada seruan untuk memperketat TKA (Tenaga Kerja Asing) seperti yang kita baca dalam Kompas Rabus 2 Mei 2018, halaman 1)

2. Menyejahterakan Mama Petani Melalui Kopi



Kompas tertanggal 2 Mei 2018 memberitakan kisah menarik tentang pergumulan Torsina Wenda. Ia mengajar orang-orang Papua untuk menanam kopi. Ibu Torsina dalam 6 tahun terakhir ini giat memotivasi warga Papua menanam Kopi, Ia khususnya mengajak ibu-ibu untuk menanam kopi. Dari ibu untuk ibu-ibu. Mungkin itu suatu istilah yang saya pakai untuk menyebut tekat baik ibu Torsina dalam menanam Kopi. Ibu Torsina mengubah Kampung halamannya di Peragaba untuk menanam kopi. Daerah yang letaknya di Jayawijaya, Papua. Ia berhasil membuat perkebunan Kopi Rakyat. Inilah sebuah perjaungan yang berbuah manis dari seorang ibu Papua.Selanjutnya lihat Kompas tertanggal 2/5 2018, Hal.16 Pesan yang hendak ditegaskan dalam artikel ini yakni kita harus menjadi tenaga yang berdampak bagi lingkungan. Kemanusiaan yang berdampak bagi sesama manusia.

3. Racun Kalajengking Bisa Membuat Kaya



Racun kalajengking secara awam tetap dianggap sebagai sesuatu yang mengancam kehidupan manusia. Namun oleh para peneliti ternyata racun kalajengking bisa digunakan sebagai obat dan harganya sangat mahal. 1 liter racun kalajengking seharga R 143 miliar. Untuk mendapatkan racun kalajengking sebanyak 1 liter, seseorang harus memelihara 200 juta kalajengking
Namun hal ini bukan sesuatu yang mudah. Butuh waktu yang sangat lama. Pesan yang disampaikan melalui racun kalajengking yaitu menjadi sukse seperti sehat, kaya butuh waktu dan perjuangan. Tidak bisa instan. Tidak perubahan yang instan tetapi harus melalui waktu yang panjang.

4. Kampung Berseri Astra



Semua orang merindukan agar kampung menjadi wilayah yang menunjukkan rasa keceriaan pada warganya. Untuk mencapai ini butuh pendidikan yang berlangsung dalam proses waktu yang sangat panjang. Dalam proses waktu yang panjang itu, proses menuju desa sejahtera dapat diwujudkan. Dalam kampung yang berseri mesti dipadukan dengan pendekatan pengembangan terpadu bidang pendidikan, entrepreneur, kesehatan dan lingkungan hidup. Menurut Kompas hal 3 tertanggal 2 Mei 2018 ada 72 Kampung berseri Astra yang tersebar di beberapa propinsi, disebutkan ada 34 propinsi. Visi yaitu menuju Desa Eirene (Desa Sejahtera)

5. Pendidik Kreatif Menghasilkan Murid Periang



Pembelajar harus menyenangkan peserta didik. Proses ini membutuhkan guru kreatif. Bila guru kreatif maka muridpun riang. Untuk mencapai maksud ini maka metode edukasi juga harus variatif. Metode yang variatif membuat murid tidak bosan terhadap pembelajaran atas materi pelajaran yang diajarkan guru.

6. Daftar Ulang Kartu Simpati, XL dll



Kesempatan bagi setiap penduduk untuk mendaftarkan ulang nomor telepon hp prabayar telah berakhir tanggal 30 April 2018. Oleh karena itu pengguna yang belum mendaftar ulang sampai pada batas waktu yang sudah berakhir harus membeli nomor baru. Dalam hal ini sejak tanggal 1 Mei 2018 Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memutuskan untuk menggunakan pendaftaran dengan menggunakan nomor NIK. Jadi bagi yang menggunakan nomor kartu prabayar.
Kartu Prabayar selular yang biasa digunakan masyarakat, seperti:
1. Kartu Simpati
2. Kartu XL Axiata
3. Kartu IM3 Ooredoo
4. Karty Axis
5. Kartu Tri
Lima kartu di atas tentu dianggap memiliki layanan terbaik bagi pelanggannya. Saya setia menggunakan Simpati

7.Sarjana yang Membawa Terang ke Pinggir Hutan



Sarjana adalah salah satu gelar. Mereka yang menyandang gelar sarjana memiliki kemampuan untuk membuat trobosan-trobosan dalam kehidupan masyarakat. Misalnya pada kasus seorang sarjana yang

"membawa terang ke pinggir Hutan"


. Sarjana itu namanya: Hunggul YSH Nugroho. Info lengkapnya baca kompas tertanggal 3 Mei 2018 hal 16 Kol. 1-6. Ia memanfaatkan potensi hut5an dan membawa terang ke masyarakat yang belum punya pengalaman listrik. Wilayah yang dimaksud yaitu di Kampung Kayubiraga, Desa Borongropoa, Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Apa yang dilakukan oleh komunitas Magister Pendidikan Agama Kristen, khususnya dalam Pengabdian Masyarakat. Kita mesti membuat penelitian-penelitian yang relevan untuk masyarakat.


Masyarakat membutuhkan hasil karya dari mereka yang telah didik dalam dunia Akademis. Bila tenaga-tenaga terdidik melakukan terobosan penelitian dan memanfaatkan untuk kebermanfaatannya bagi masyarakat maka pasti akan sangat berbahagia.Beragam kemajuan yang terjadi dalam masyarakat karena penerapan hasil penelitian dari mereka yang mendedikasi ilmunya untuk kebermaknaan bagi orang banyak. Semakin banyak penelitian maka semakin banyak pula kebenaran-kebenaran pengetahuan yang dihasilkan. Muara dari temuan-temuan penelitian ini pasti berguna bagi kehidupan masyarakat.

0 comments:

Post a Comment

Selamat Datang

MOHON DUKUNGAN DOA UNTUK ASSESMEN LAPANGAN

TIM BADAN AKREDITASI NASIONAL

PADA TANGGAL 6-8 MARET 2015



Salam Filsafat Yang Berdoa
Yonas Muanley